Sabtu, 15 Oktober 2016

[News] Raja Thailand Wafat

RIP King of Thailand
Bhumibol Adulyadej
(ภูมิพลอดุลยเดช)

Bhumibol Adulyadej

Saya, Adam Guntur, mengucapkan belasungkawa atas kematian Raja Rama IX yang meninggal pada tanggal 13 Oktober 2016 lalu. Semoga jasa-jasa beliau dapat diingat dan bermanfaat bagi seluruh rakyat Thailand dan bahkan seluruh dunia.

Raja Bhumibol meninggal dengan tenang pukul 15.52 di RS Siriraj dalam usianya yang ke 88. Hingga akhir hayatnya, Raja Bhumibol merupakan raja yang paling lama berkuasa di dunia. Untuk mengenang kepergian Raja yang terkenal dengan pemersatu Thailand ini, ku kasih profil singkatnya yaa.

Paduka Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej (ภูมิพลอดุลยเดช) lahir di Cambridge, Massachusett, AS, 5 Desember 1927. Beliau dikenal sebagai Raja Rama IX dan menjadi Raja Thailand sejak 9 Juni 1946. Naik tahta sejak usia 19 tahun yang menggantikan kakaknya, Raja Rama VIII (Ananda Mahidol). Dimasa kecilnya, beliau bersekolah di Prancis dan besar disana, hingga jatuh cinta kepada seorang putri duta besar Thailand di Paris, bernama Sirikit Kitiyakara yang sekarang menjadi Ratu Thailand. 

Raja Bhumibol dinobatkan menjadi Raja Thailand pada 5 Mei 1950 setelah menyelesaikan kuliah hukum dan politik di Paris. Pada masa kepemimpinannya Raja ini sangat dicintai rakyatnya. Sentuhan-sentuhan kepada kalangan masyarakat adalah ciri khas yang dimiliki Raja Rama IX ini. 

Oiyaa, banyak aktris Thailand yang ikut berduka cita diperlihatkan di banyak akun instagram milik mereka. Thailand menetapkan masa berkabung selama 1 tahun dengan pengibaran bendera setengah tiang selama 30 hari. Pada saat pertemuan majelis Umum PBB di New York didahului dengan mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang raja Bhumibol. Raja Bhumibol akan di gantikan oleh Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn.

Itu dulu yaaa, tentang Raja Bhumibol Adulyadej. Pokoknya, Indonesia turut berduka cita atas meninggalnya raja pemersatu bangsa Thailand ini. :(((( 


Salam Thailand :))






Sumber : Wikipedia, BBC Indonesia dan Kompas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar di Blog Saya :D